Cara-cara Pembuatan Ruangan yang Kedap Suara

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Cara-cara Pembuatan Ruangan yang Kedap Suara

Ruangan yang Kedap Suara

Rumah menjadi tempat ternyaman di dunia, agar kenyamanan dan privasi tidak terganggu kamu perlu membuat ruangan kedap suara. Dengan begitu suara yang berasal dari luar rumah dan ruangan lainnya tidak terdengar, begitu juga suara yang ada di dalam ruangan tidak akan terdengar sampai luar, sehingga privasi akan terjaga dengan baik. Untuk membuat ruang kedap suara kamu bisa melakukan dengan 2 cara, pertama dengan cara permanen contohnya menggunakan plafon akustik dan cara non permanen seperti memasang rak buku di dinding.

Kamu bisa mengaplikasikan salah satu cara di atas, untuk cara permanen membutuhkan dana yang cukup mahal namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Sedangkan non permanen membutuhkan usaha dan trik tertentu agar ruangan tetap kedap suara, namun non permanen tidak membutuhkan biaya yang besar. Pilihlah salah satunya dengan mempertimbangkan budget yang kamu miliki.

Lakukan Cara Ini untuk Mendapatkan Ruangan Kedap Suara

 

Lakukan Cara Ini untuk Mendapatkan Ruangan Kedap Suara

Selain menjaga privasi, ruangan kedap suara bisa kita gunakan untuk berbagai aktifitas yang kita sukai, contohnya bernyanyi. Dengan melakukan hoby di dalam ruang kedap suara maka tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar. Berikut cara dan hal yang harus kemu perhatikan untuk mendapatkan ruangan kedap suara :

Membuat Ruang Kedap Suara Permanen

Membuat Ruang Kedap Suara Permanen

Cara permanen ini memang membutuhkan dana yang besar, namun hasilnya terjamin sangat memuaskan. Kamu cukup melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Pasang plafon akustik

Plafon memiliki manfaat yang sangat besar, digunakan sebagai pembatas genting dan ruangan sehingga ruangan akan terlihat lebih rapi dan nyaman. Plafon juga dijadikan sebagai tempat untuk gudang dan tempat menyembunyikan kabel listrik yang mengganggu pemandangan. Ada banyak sekali jenis-jenis plafon yang bisa kamu pilih, dan salah satu plafon yang sangat bagus untuk kamu pilih adalah plafon jenis akustik. Plafon jenis akustik ini ternyata lain dari yang lain, karena memiliki kemampuan menahan kedap suara, selain itu harga plafon akustik murah dan terjangkau.

2. Membuat dinding yang tebal

Semakin tebal dinding pada sebuah ruangan maka suara yang dihasilkan semakin memantul dan mampu menahan suara keluar dari ruangan. Kamu juga bisa memilih drywall dengan ketebalan 1,6 cm. Selain itu kamu juga bisa meletakkan senyawa peredam ke dalam dinding, buatlan satu dinding lagi dan letakkan senyawa tersebut di dalamnya, tunggu saja dalam waktu beberapa hari hingga satu minggu, nantinya senyawa tersebut akamn bekerja secara maksimal.

Membuat Ruang Kedap Suara non Permanen

Membuat Ruang Kedap Suara non Permanen

Selain membuat ruang kedap suara yang permanen dan tidak mudah diubah-ubah, kamu juga perlu tahu cara membuat ruang kedap suara yang mudah dan bisa kamu coba sekarang juga.

1. Pasanglah gorden yang tebal di depan pintu

Ini merupakan cara yang mudah dan bisa kamu pratekkan segera, belilah gorden yang tebal dan letakkan di depan pintu ruangan. Atau, belilah gorden khusus untuk peredam dan letakkan di jendela dan depan pintu.

2. Letakkan lemari rak buku di dekat dinding

Jika kamu punya buku banyak dan tersimpan di rak maka letakkan saja di dinding, ternyata rak buku mampu menahan suara.

3. Panel akustik

Selain menggunakan plafon akustik kamu juga bisa menggunakan penel akustik. Kamu bisa memasang secara semi permanen di atas lantai atau di dinding.

4. Tempel karpet dan pelapis karet

Suara tidak hanya dipantulkan lewat dinding saja, ternyata lantai juga bisa memantulkan suara. Agar suara tidak terdengar dari luar kamu perlu memasang karpet dan pelapis karet.

5. Gunakan tanaman

Ternyata tanaman mampu meredam suara yang ada di sekitar, kamu bisa meletakkan tanaman-tanaman di luar dekat jendela kamar ataupun di dalam kamar sekaligus sebagai hiasan.

Cara non permanen memang lebih mudah dilakukan, namun hasil memang kurang maksimal. Untuk hasil maksimal kamu bisa mengaplikasikan dengan cara yang permanen atau tidak berubah-ubah, salah satunya dengan plafon jenis akustik, untuk harga plafon akustik murah dan terjangkau. Lebih lanjutnya jangan lupa diskusikan dengan seseorang yang kamu percayai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *