6 Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Mudah

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

6 Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Mudah

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Wallpaper merupakan salah satu hiasan dinding yang paling diminati dan banyak diaplikasikan di rumah-rumah modern. Mengapa demikian? Sebab pola, warna, dan jenisnya sangat bervariasi. Tidak hanya itu, wallpaper dapat menutupi bagian dinding yang kotor dan berlubang. Pemasangannya juga bisa dibilang praktis dan gampang.

Namun, harga wallpaper dinding saat ini tidak murah, karena diperlukan juga jasa untuk memasangnya. Nah, supaya tidak perlu membuang uang terlalu banyak, kamu juga bisa memasang sendiri tanpa perlu tenaga ahli lho. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini, supaya tidak kesulitan ketika memasangnya!

6 Cara Memasang Wallpaper Dinding

Cara Memasang Wallpaper Dinding

1. Siapkan peralatannya

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan dahulu peralatannya sudah disiapkan. Material-material yang dibutuhkan diantaranya wallpaper, lem, tangga, pisau cutter, gunting, meteran,  kain perca, kuas lem, spons, ember, roller, dan alas. Peralatan tersebut sangat mudah ditemukan di toko material terdekat. Setelah semuanya tersedia, kamu harus mengukur dahulu luas dinding yang akan ditempeli wallpaper. Hal itu supaya ukuran wallpaper pas dengan dinding tersebut.

2. Bersihkan permukaan dinding

Jika sudah diukur, jangan lupa untuk membersihkan dindingnya dari paku dan noda yang menempel. Sebab wallpaper tidak akan menempel dengan sempurna jika masih basah dan kotor. Apabila terdapat bagian yang rusak, tambalkan bagian yang terkelupas atau berlubang dan ratakan bagian yang menonjol menggunakan dempul tembok. Hal itu supaya tidak terdapat gelombang udara ketika memasang wallpaper. Tunggulah dahulu hingga dinding mengering.

3. Mengatur posisi wallpaper

Supaya posisi wallpaper tegak lurus dan rapi, tandai dengan membuat garis lurus pada dinding menggunakan pensil. Tarik pensil dari atas ke bawah dan ke samping dengan bantuan meteran. Setelah itu, aplikasikan ukuran tersebut ke wallpaper. Jangan lupa juga untuk melebihkan ukurannya sekitar 15 cm, untuk berjaga-jaga ketika wallpaper tidak pas ataupun robek. Jangan tandai wallpaper terlalu tebal, apalagi jika wallpapernya berwarna cerah.

4. Tempelkan wallpaper

Saatnya memasang wallpaper ke dinding. Pada gulungan pertama, potong wallpaper yang ukurannya sudah disesuaikan tadi. Lampirkan wallpaper di alas yang telah terpasang di lantai, kemudian berikan lem di bagian belakang wallpaper menggunakan kuas. Jangan telalu banyak memberi lem, karena itu akan membuat wallpaper menjadi basah dan akan menimbulkan keriputan.

Setelah dilem jangan langsung ditempel, diamkan dahulu beberapa menit hingga mengering. Jika sudah kering, mulailah memasang wallpapernya. Pasang wallpaper dari bawah ke atas, supaya sisa-sisa wallpaper tidak terlihat.

Pastikan seluruh permukaan dinding tertutupi wallpaper dan tidak ada gelembung udara di dalamnya. Rapatkan wallpaper dengan cara menekannya menggunakan penggaris.

5. Paskan pola wallpaper

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu, perhatikan polanya. Setelah memasang gulungan pertama, cocokkan dahulu pola pada gulungan pertama dan pola pada gulungan berikutnya yang akan ditempel supaya terlihat saling menyambung satu sama lain. Kemudian berilah lem diantara gulungan pertama dan kedua, begitupun seterusnya hingga gulungan terakhir. Dalam tahap ini diperlukan ketelitian yang besar dalam mengerjakannya.

6. Pengecekan akhir

Setelah selesai memasang semua gulungannya, jangan lupa untuk membersihkan wallpaper dari sisa lem yang menempel menggunakan spons. Lalu ratakan wallpaper menggunakan kain perca atau bisa juga menggunakan roller. Ingat ya, meratakannya jangan dari ujung, melainkan dimulai dari tengah dan tarik ke ujung kanan, kiri, atas, dan bawah. Pastikan semua sisi telah diratakan dan tidak ada lagi gelembung udara di balik wallpaper.

Nah, jadi deh wallpaper dinding yang kamu inginkan. Bagaimana? Mudah bukan memasangnya? Selain mudah, kamu jadi tidak perlu lagi memikirkan harga wallpaper dinding dan biaya pemasangannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *