Cara Membuat Dak Beton Atap Yang Kokoh

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Cara Membuat Dak Beton Atap Yang Kokoh

Dak Beton Atap

Dak merupakan istilah yang digunakan untuk memisahkan antara lantai bagian bawah dan bagian atas. Bahan untuk pembuatan dak memang cukup beragam, namun yang biasa digunakan adalah beton. Bahan beton akan menghasilkan dak yang lebih kokoh dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Pengaplikasian waterproofing dak beton perlu dilakukan agar bagian atas bisa kokoh dan tidak rembes jika terkena air. Jika anda menggunakan jasa kontraktor, maka hal tersebut sudah termasuk dalam layanannya.

Dak Beton Atap

Berikut cara membuat dak beton yang kokoh

Saat membuat dak beton, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan agar pengerjaan bisa berjalan dengan sesuai. Jika anda menggunakan jasa kontraktor, maka anda bisa tenang, karena semuanya akan diurus oleh pihak kontraktor. Pihak penyedia jasa sudah memahami tentang pengaplikasian waterproofing integral dan komponen yang lainnya. Namun tidak ada salahnya jika anda memahami dengan jelas proses pembuatan dak beton. Berikut caranya.

1. Hitung luas ruangan terlebih dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luasĀ  permukaan yang akan di dak dengan menggunakan beton. Dari pengukuran tersebut, maka bisa ditentukan berapa jumlah besi tulang yang akan dibutuhkan. Hal ini harus diukur dengan tepat dan sesuai agar ukurannya bisa pas. Jika besi terlalu berlebihan maka bisa mengakibatkan bobot struktur bertambah dan membuat biaya menjadi lebih mahal.

2. Tentukan ketebalan

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan ketebalan yang sesuai. Jumlah ketebalan yang sesuai akan membantu struktur memiliki gaya tekan yang sesuai. Dengan begitu maka struktur bangunan bisa berfungsi secara efektif. Biasanya untuk dak lantai beton akan dibuat dengan ketebalan 12 cm. Sedangkan untuk bagian atap biasanya sekitar 8 cm. Perbedaan ketebalan ini sudah disesuaikan dengan bentuk struktur bangunan.

3. Siapkan bahan yang berkualitas

Untuk bisa membuat dak beton yang berkualitas tentunya perlu disiapkan bahan yang berkualitas. Beberapa kontraktor mungkin akan menggunakan bahan yang berbeda. Untuk itu anda perlu memperhatikan jenis bahan yang digunakannya agar bisa menghasilkan struktur bangunan yang kokoh.

4. Perhatikan proses pengadukan bahan

Dalam pembentukan dak beton, pengadukan bahan harus dilakukan dengan cara yang tepat agar seluruh bahan bisa diaduk secara merata. Sehingga bisa menghasilkan material yang sesuai, karena hasil adukan tidak boleh terlalu cair ataupun terlalu keras. Komponen yang berbentuk butiran juga harus teraduk dengan sempurna agar bisa menghasilkan bahan yang berkualitas.

5. Campur dengan air

Untuk tahapan terakhir, permukaan dak beton yang sudah dibuat harus disiram dengan air agar menunda pengerasan dak beton. Dalam pembuatannya, proses pengerasan harus sesuai dengan waktunya agar kualitasnya bisa terjaga. Untuk itulah beton tidak boleh terlalu cepat keras, harus sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas beton yang dihasilkan. Dak beton harus kokoh dan berkualitas karena digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Itulah cara membuat dak beton yang kokoh. Dengan menerapkan cara yang tepat, maka dak beton yang akan terbentuk juga akan terlihat sempurna dan memiliki kualitas terbaik. Penggunaan waterproofing dak beton juga perlu diperhatikan agar bagian atas tidak bocor.

Jika anda menggunakan jasa kontraktor, maka anda tidak perlu khawatir. Semua hal yang terkait dengan proses pembuatan dak beton akan diurus oleh kontraktor. Mengenai penggunaan waterproofing integral juga sudah diketahui oleh pihak kontraktor. Penggunaan waterproofing sangat penting untuk dak beton agar bisa kedap air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *