Wajib Tahu! Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC di Sini!

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Wajib Tahu! Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC di Sini!

Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC

Partisi ruangan memiliki banyak jenis serta bahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera masing-masing individu. Salah satu jenis partisi yang banyak diminati karena daya tahannya yang sangat baik serta tampilan yang menarik adalah partisi jenis GRC. Walaupun partisi GRC cukup kuat, namun pemasangannya yang baik dan benar tetap harus diperhatikan demi memaksimalkan kekuatan dan fungsinya.

Cara Pasang Partisi Bahan GRC

Pemasangan partisi jenis apapun seharusnya dilakukan oleh mereka yang sudah ahli dan berpengalaman demi menghindari hal-hal yang tidak memuaskan. Oleh karena itu anda harus memerhatikan cara memasang partisi bahan GRC berikut, untuk mengecek apakah pekerja yang mengerjakan partisi di rumah anda sudah sesuai prosedur atau belum. Berikut langkah-langkahnya :

1. Persiapkan Peralatan dan Bahan

Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC

Langkah pertama sebelum melakukan pemasangan partisi GRC adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan selama proses pengerjaan. Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan, mulai dari meteran, pensil, jigsaw, paku, sekrup, hingga bor untuk merekatkan bahan pada rangka. Gunakan peralatan SNI yang berkualitas untuk mempermudah proses kerja. Jangan menggunakan alat perekat bekas yang mengurangi kekuatannya, seperti paku atau sekrup yang sudah pernah digunakan atau berkarat.

2. Pengukuran Ruang dan Partisi

Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC

Langkah selanjutnya, anda sudah mulai masuk ke tahap pengerjaan, yakni melakukan pengukuran ruang dan partisi yang dibutuhkan. Gunakan meteran untuk memastikan kesesuaian antara kerangka dan partisi sebagai bahan utamanya. Pada tahap ini, anda bisa menandai jarak antara kerangka satu dengan lainnya, serta langsung menyesuaikannya dengan ukuran dan jumlah partisi yang bisa memenuhi ruangan untuk disekat.

3. Pemasangan Kerangka

Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC

Setelah ukuran ditentukan dan ditandai menggunakan pensil, selanjutnya mulailah melakukan pemasangan kerangka sesuai jarak dan ukurannya. Untuk partisi GRC ada beberapa jenis kerangka yang bisa dipakai, yakni kayu, metal ataupun hollow, maka pilihlah kerangka sesuai dengan kebutuhan. Pemasangan kerangka ini harus dilakukan dengan hati-hati karena kerangka sangat memengaruhi daya tahan partisi, semakin kokoh kerangka yang terpasang, maka semakin kuat partisinya.

4. Aplikasikan GRC Pada Kerangka

Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC

Langkah inti dari semua proses kerja adalah melakukan pengaplikasian papan GRC pada kerangka yang sudah dibentuk dan ditandai. Pastikan anda memilih ketebalan GRC sesuai kebutuhan, di mana semakin tinggi privasi ruangan, maka papan partisi berbahan GRC yang dipasang harus semakin tebal. Misalnya untuk ruangan meeting bisa menggunakan papan dengan ketebalan 8-10 mm. Untuk merekatkan papan partisi dengan kerangka, gunakan alat perekat yang sesuai. Jika kerangkanya berbahan kayu, cukup gunakan paku, sementara jika metal atau hollow, gunakan sekrup dengan leher bersirip agar lebih kuat, lalu masukkan menggunakan bor sekrup.

5. Finsihing

Cara Mudah Pasang Partisi Berbahan GRC

Finishing adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyempurnakan hasil pemasangan partisi bahan GRC agar hasilnya lebih rapi dan tampilannya sempurna. Pada tahap ini, anda bisa menutupi bekas sambungan pada partisi berbahan GRC menggunakan pelapis GRC yang sesuai standar, seperti compound A+B. Perhatikan pula pelapis terakhir yang sesuai standar, untuk menunjang tampilan yang lebih mulus, gunakan GRC Top Coat yang berkualitas sebagai penyempurna tampilannya.

Demikianlah proses dan cara pemasangan partisi berbahan GRC yang sesuai prosedur untuk memberikan hasil lebih sempurna. Jika anda ingin mencoba melakukan pemasangan dengan cara ini, pastikan bersama orang yang sudah ahli nya , sehingga tidak sampai terjadi kesalahan yang fatal. Dengan melakukan pemasangan yang tepat maka daya tahan partisi GRC akan semakin baik serta tampilannya jauh lebih berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *