Sliding Door atau Fusuma dan 5 Elemen Utama Rumah Tradisional Jepang

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Sliding Door atau Fusuma dan 5 Elemen Utama Rumah Tradisional Jepang

Elemen Utama Rumah Tradisional Jepang

Jepang adalah salah satu negara dan bangsa di Asia yang sangat menarik untuk dibahas. Jepang terkenal dengan budaya disiplinnya, kebersihannya, dan juga industri hiburan dan teknologinya. Ninja, Samurai dan bushido yang merupakan salah satu budaya kehidupan para kstaria bangsa Jepang telah menyebar ke seluruh dunia. Bukan hanya pada kisah dan ceritanya saja, namun juga pada prinsip hidup dan karakter mereka.

Yang tidak kalah menarik dari budaya tradisional Jepang adalah rumah tinggal mereka. Rumah tradisional Jepang yang biasa disebut Minka ini adalah sebuah konsep rumah unik, sederhana, menawan dan sangat asri. Perpaduan unsur kayu, pintu geser atau Sliding door, serta taman dengan air dan bunga-bunga adalah bagian penting dari sebuah minka.

Konsep utama dari rumah tradisional Jepang jika ditinjau dari filosofinya adalah perpaduan antara keabadian, kesucian, kehidupan, alami dan juga keluhuran budi. Sementara jika konsep rumah tradisional Jepang ditinjau dari historis dan kondisi geologi, adalah sebuah adaptasi atau penyesuaian terhadap kondisi Jepang yang sering mengalami gempa. Dengan menggunakan material kayu sebagai bahan utama, risiko dan dampak gempa dapat lebih diminimalisir.

Rumah tradisional Jepang tidak hanya memiliki keindahan seni dan nilai filosofis semata, pada tatanan yang lebih prinsip, konsep rumah ini juga memiliki elemen-elemen penting yang merupakan syarat utama sebuah rumah bisa didirikan. Nah apa sajakah elemen-elemen penting sebagai pembentuk karakteristik sebuah rumah tradisional Jepang? Berikut ulasan lengkapnya.

5 Elemen Utama Unsur Pembentuk Rumah Tradisional Jepang

Sebenarnya ada tujuh elemen yang dianggap paling penting dalam sebuah rumah tradisional Jepang. Namun jika dilihat dari kacamata budaya Indonesia, setidaknya ada lima elemen yang lebih mendasar dan relevan untuk diketahui. Apa saja itu? Berikut daftarnya;

Taman

Dalam rumah tradisional Jepang, taman bukan hanya menjadi pelengkap untuk mempercantik halaman. Pada prinsip budayanya, taman adalah bagian penting sebuah rumah yang melambangkan kesucian, alamiah dan juga kehidupan itu sendiri. Karena itulah sebabnya, pada model rumah tradisional Jepang yang masih memegang erat prinsip minka, taman selalu lengkap dengan adanya elemen air, bebatuan dan juga tanaman.

Genkan atau Koridor Bebas Sandal

Salah satu unsur unik pada rumah tradisional Jepang adalah genkan. Genkan merupakan areal dimana orang yang ingin memasuki rumah diwajibkan melepaskan alas kaki mereka, baik itu sandal atau pun sepatu. Hal ini memang mungkin tidak umum di Indonesia, namun jika anda menonton film Rurouni Kenshin yang terkenal itu, anda akan melihat berkali-kali sang Sang Samurai Pedang Terbalik melepas sandalnya di Genkan.

Fusuma atau Pintu Geser

Nah fusuma ini adalah  yang mungkin paling sering diidentifikasi sebagai budaya kental rumah tradisional Jepang. Sliding door atau pintu geser memang adalah unsur penting dalam sebuah minka. Dengan menggunakan material kayu kombinasi kertas khusus, fusuma kadang juga mendapatkan tambahan ornamen lukisan untuk membuatnya nampak lebih indah.

Shoji atau Sekat Teras

Berbeda dengan fusuma yang merupakan pintu sebagai akses masuk, shoji merupakan sekat atau dinding ruangan yang fungsi utamanya adalah memisahkan antara teras dan bagian dalam ruangan. Shoji umumnya memiliki tinggi sekitar 2 meter dengan lapisan kertas yang lebih tipis dari fusuma.

Tatami atau Alas Duduk

Selain Sliding door  atau pintu gesernya, tatami mungkin adalah element khusus rumah tradisional jepang yang cukup populer di Indonesia. Tatami adalah anyaman dari jerami yang digunakan untuk menutup lantai. Selain nampak sangat istimewa, tatami juga dapat menjadikan ruangan minka menjadi lebih hangat dan bersahabat.

Nah itu adalah 5 komponen utama sebagai element penting sebuah minka bagi budaya Jepang. Bagaimana, apakah anda tertarik mengaplikasikannya di rumah anda juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *