Ini Ciri-Ciri Conblock Standar SNI

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Ini Ciri-Ciri Conblock Standar SNI

Conblock yang Sesuai Standar SNI

Conblock biasa disebut juga dengan nama paving block atau bata beton atau paving stone. Bahan bangunan yang satu ini sering sekali kita jumpai di sekitar kita. Biasanya bata beton ini digunakan untuk menyusun jalan, menutup permukaan pada halaman atau taman, dan membangun trotoar bagi pengguna jalan. Intinya ada banyak contoh penggunaan bata beton yang ada di sekitar kita.

Paving block ini dihasilkan oleh campuran dari berbagai bahan atau material. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan paving block yang kuat adalah semen, abu batu, air, agregat halus, serta agregat kasar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat paving block diperhatikan kualitasnya agar tidak sampai mengurangi kekuatan dari paving block tersebut.

Paving block dinilai memiliki banyak keunggulan. Paving block dibekali dengan kemampuan untuk menyerap air secara baik dibandingkan aspal dan beton instan. Jadi, penggunaan paving block untuk menutup permukaan air benar-benar tidak akan menimbulkan masalah. Selain itu, penyerapan air pada tanah yang tertutup paving block juga tidak akan terganggu sehingga persediaan air masih bisa tercukupi.

 

Ciri-Ciri Paving Block

Karena conblok ini memiliki fungsi yang penting dan bahkan sering digunakan untuk membuat struktur bangunan maka kekuatan dan kualitas conblock harus benar-benar baik. Tak hanya itu, paving block ini juga harus memiliki sifat-sifat yang sesuai dengan standar nasional atau SNI. Dengan begitu maka penggunaan paving block akan dinilai aman dan tidak membahayakan siapapun.

Penggunaan paving block di Indonesia sudah bukan hal yang aneh melainkan sangat umum ditemukan. Tak heran jika banyak pembuat paving block yang bisa kita temukan di negara ini. Namun, pembuat paving block juga harus tahu apa saja standar yang harus dipenuhi untuk membuat paving block yang kuat dan aman dipakai.

Berikut adalah ciri-ciri paving block yang sesuai dengan SNI:

1. Terbuat dari Bahan yang Tepat

Agar paving block tersebut memenuhi standar yang ditentukan, maka pembuatan paving block harus menggunakan material yang tepat. Sangat tidak diperbolehkan untuk membuat paving block dari material yang bisa menurunkan kekuatan paving tersebut. Justru sebaliknya, material yang digunakan harus bisa memberikan kekuatan bagi paving block untuk menahan beban.

 

2. Menyerap Air

Penyerapan air pada paving block harus berlangsung dengan lancar. Karena kalau tidak, maka material ini tidak akan cocok untuk dipakai di jalanan. Paving block harus memiliki kemampuan menyerap air yang baik sehingga ketika musim hujan nanti tidak akan terjadi banjir pada permukaan tanah yang sudah ditutupi oleh paving block atau bata beton.

Image result for conblock menyerap air

3. Kekuatan Tekan

Paving block harus memiliki kekuatan tekan yang baik. Sebenarnya berdasarkan SNI ada pembagian kategori paving block yang bisa digunakan di masyarakat. Ada paving block yang memiliki daya tekan tinggi namun ada juga yang tidak tahan terhadap kekuatan tinggi. Tipe-tipe paving block berdasarkan kekuatan tekannya bisa digunakan sesuai dengan kekuatan dari paving block itu sendiri.

Itulah tadi sedikit informasi seputar ciri-ciri paving block sesuai dengan SNI. Jika Anda ingin menggunakan paving block, maka penting sekali untuk memilih paving block yang tepat. Selain itu, pastikan bahwa paving blok yang Anda beli akan dikirimkan dengan baik dan sampai ke tangan Anda tanpa cacat sedikitpun.

Ada banyak tempat jual paving block berkualitas baik yang bisa Anda temukan saat ini. Namun, Anda juga harus tetap teliti memilih paving block yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda memilih conblock yang sesuai kebutuhan dan perhatikan kualitasnya terlebih dahulu sebelum membeli.

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *