Ini Dia 6 Tips Ampuh Cegah Kamar Mandi Dari Bau Tak Sedap

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Ini Dia 6 Tips Ampuh Cegah Kamar Mandi Dari Bau Tak Sedap

Tips Ampuh Cegah Kamar Mandi Dari Bau Tak Sedap

Kamar mandi merupakan salah satu bagian yang cukup penting dari sebuah rumah. Karena penting, kamar mandi menjadi ruangan yang harus dipertahankan kebersihannya agar pengguna tetap nyaman saat ada di dalam kamar mandi.

Namun tentu saja kita tidak pernah terlepas dari masalah kebersihan kamar mandi. Salah satunya adalah kamar mandi yang berbau yang merupakan masalah yang cukup sering dialami oleh orang-orang secara umum. Ya, bayangkan saja, di kamar mandi campuran dari berbagai produk kesehatan dan kecantikan seperti sampo, krim pencukur, sabun, dan lain-lain dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, banyak faktor lain yang menyebabkan kamar mandi menjadi bau, misalnya tidak bersih membilas kloset dan lantai kamar mandi hingga timbul lumut dan kerak yang menimbulkan bau tak sedap. Lantai kamar mandi didesain licin agar nyaman digunakan, biasanya menggunakan floor hardener Jakarta ataupun kota lainnya untuk membuat lantai licin semakin rapi dipandang. Namun lantai yang licin sekaligus ditambah lembab dan basah membutuhkan perhatian yang cukup ekstra karena kalau tidak begitu lantai akan menimbulkan lumut dan kerak.

Tips Cegah Kamar Mandi Bau

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah agar kamar mandi tidak bau, di antaranya:

1. Ventilasi

Bau tak sedap kamar mandi yang tadi telah disebutkan bahwa disebabkan oleh banyak faktor tersebut dapat dicegah ataupun diminimalisir dengan memasang ventilasi atau membiarkan jalur udara segar terbuka sehingga penukaran udara terjadi dengan lancar yang menyebabkan bau tidak terakumulasi di dalam kamar mandi.

2. Bersihkan secara teratur

Membersihkan kamar mandi secara teratur dapat mencegah lantai kamar mandi bahkan dindingnya dari lumut dan kerak sehingga tidak akan ada lagi bau tak sedap muncul. Ventilasi yang baik sekalipun jika kamar mandi tidak dibersihkan tetap akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Apalagi jika yang tidak dibersihkan adalah kloset, kloset yang tidak dibershkan dapat mendatangkan lalat dan kehadirannya akan membuat kamar mandi semakin bau.

3. Gunakan pewangi ruangan

Untuk meminimalisir bau yang menyengat, menggunakan pewangi ruangan merupakan pilihan yang tepat. Namun janganlah menggunakan pewangi ruangan yang memiliki wangi yang menyengat karena justru akan menimbulkan bau lain yang sama-sama tidak sedap. Gunakan pewangi ruangan yang wanginya merupakan wangi alam atau wangi natural.

4. Jagalah agar tetap kering

Jika Anda sudah membuat ventilasi juga sudah membersihkan kamar mandi secara teratur namun tetap saja ada bau yang tidak sedap, maka mungkin itu disebabkan karena jamur yang diakibatkan kondisi kamar mandi yang basah. Untuk itu pertahankan kamar mandi agar tetap kering.

Mempertahankan kamar mandi kering tentu saja menjadi pekerjaan yang susah mengingat aktivitas di dalam kamar mandi yang selalu bersinggungan dengan air. Sebagai solusinya gunakanlah desikan, yang merupakan bahan kering yang dirancang untuk menyerap air sehingga kamar mandi akan kering lebih cepat.

5. Nyalakan lilin aroma terapi

Menggunakan lilin aroma terapi di kamar mandi juga merupakan cara yang cukup efektif dalam mencegah adanya bau yang tak sedap di kamar mandi. Lilin aroma terapi dapat dinyalakan baik saat menggunakan maupun tidak menggunakan kamar mandi.

6. Menggunakan cuka

Cuka dapat mencegah bau asap rokok di kamar mandi, cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi merokok di kamar mandi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meneteskan cuka di atas handuk kemudian dikibas-kibaskan di kamar mandi sampai cukanya dapat menyerap bau asap rokok.

Cara-cara di atas terbukti dapat meminimalisir bau tak sedap di kamar mandi. Karena akan percuma walaupun kamar mandi bagus apalagi menggunakan jasa floor hardener Jakarta terbaik dalam menata lantainya jika kamar mandinya bau, tetap saja kamar mandi akan tidak nyaman untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *