7 Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

7 Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Batu bata merupakan salah satu bahan penting untuk membangun rumah. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu kalau bahan satu ini ternyata punya banyak jenis. Begitupun juga fungsinya yang ternyata berbeda-beda lho guys. Bagi kalian yang ingin membangun sebuah rumah atau gedung dengan bahan ini, simak dulu jenis beserta fungsinya di bawah ini.

Biasa, harga batu bata yang paling murah

Jenis pertama ada batu bata biasa. Di mana bata satu ini mempunyai permukaan yang tidak rata dan warnanya cenderung bermacam-macam. Untuk fungsinya sendiri, biasanya dipakai untuk tembok dan menggunakan campuran semen sebagai perekatnya. Nah, kalau masalah harga, bata ini paling murah di antara semuanya.

Batu bata muka

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Kemudian yang kedua ada bata muka. Sama dengan bata biasa, jenis satu ini juga terbuat dari tanah liat. Bedanya, bata satu ini mempunyai permukaan yang lebih rapih. Untuk warnanya sendiri, sudah bisa dipastikan seragam satu sama lain. Bata yang juga kerap disebut ekspos ini mempunyai fungsi untuk penutup dinding dan dekorasi. Jadi, jangan heran apabila harga batu bata ini lebih mahal dari yang biasa.

Batu bata hebel

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Ada lagi bata yang keren dan tergolong unik nih. Namanya adalah hebel. Terbilang keren karena modelnya sangat kekinian, sehingga banyak dipakai oleh masyarakat sekarang. Kalau masalah unik, batu bata ini ternyata bisa berfungsi untuk menyerap panas, alhasil rumah akan terasa lebih sejuk. Bisa juga bermanfaat untuk menyerap air berlebih apabila terjadi hujan yang deras. Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan untuk rumah kalian?

Batako

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Batu bata yang paling umum dan banyak diketahui masyarakat luas adalah batako. Mempunyai ciri-ciri berongga dan ukurannya lebih besar dari bata biasa. Fungsi dari bata jenis ini adalah untuk kolam renang, pagar, dan bangunan industrial. Mengapa begitu, karena bata ini cukup kuat dan juga kedap air.

Bata purpose made

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Berikutnya ada bata purpose made. Jenis bata satu ini memiliki ciri dengan bentuk yang bermacam-macam, lantaran fungsinya cukup bervariasi. Seperti dipakai saat ada kesalahan pembangunan dan membantu pemasangan kusen atau jendela. Oleh karenanya, bata ini punya harga yang mahal dan juga sulit didapat di manapun. Pada umumnya, orang yang ingin membelinya wajib pesan terlebih dulu.

Batu bata kapur putih

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Selanjutnya ada bata kapur putih. Sesuai dengan namanya, bata ini ternyata ditambang secara langsung dari alam. Jadi jangan heran apabila kekuatannya melebihi bata lain seperti tahan lama serta tidak mudah keropos. Maka dari itu, bata kapur putih banyak digunakan untuk dinding gedung dan konstruksi bangunan berat.

Bata beton

Jenis Batu Bata Beserta Fungsinya

Jenis lainnya ada bata beton. Di Indonesia sendiri batu bata ini diproduksi oleh perusahaan terkenal yang bernama Holcim. Kalau masalah bentuk, bata jenis ini punya banyak variasinya. Namun, ciri yang tidak pernah hilang adalah terdapat rongga di dalamnya. Biasanya, rongga ini digunakan untuk baja yang memiliki fungsi sebagai pilar, jalur pipa air atau kabel listrik. Uniknya lagi, jenis ini juga dapat berfungsi sebagai isolator panas.

Dari ulasan di atas, kita menjadi tahu kalau ternyata ada banyak sekali jenis dari batu bata. Bahkan, semuanya punya fungsi masing-masing, baik dari yang ringan sampai dengan berat. Jadi, jangan sampai salah pilih bata untuk kebutuhan kalian. Lebih amannya konsultasikan kepada ahlinya sebelum membeli, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *