Langkah Mudah Melepaskan Karpet Tile, Hanya Butuh 4 Tahap!

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Langkah Mudah Melepaskan Karpet Tile, Hanya Butuh 4 Tahap!

Melepaskan Karpet Tile

Karpet kini menjadi salah satu furniture yang wajib dimiliki disetiap rumah. Selain berfungsi untuk mempercantik ruangan, karpet juga nyaman digunakan dan membuat lantai tidak terlihat kotor. Salah satu jenis karpet yang digemari oleh banyak orang adalah karpet tile. Meski umumnya penggunaan karpet tile digunakan di ruang kantor, kini banyak orang juga menggunakan karpet tile untuk dihunian pribadi mereka. Mengapa banyak orang tertarik menggunakan karpet ini?

Berbeda dengan karpet pada umumnya yang besar dan panjang, karpet tile mempunyai ukuran yang kecil dengan kisaran 50cm x 50cm per satu buahnya. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mengkombinasikan tekstur atau warna yang berbeda sehingga membuat ruangan terkesan menarik. Selain itu, lantai karpet juga terasa lembut dan nyaman dipijaki tanpa alas kaki. Cara pemasangannya pun tidak lah sulit, yakni hanya dengan menggunakan lem khusus yang direkatkan ke lantai. Dari segi kualitas, karpet tile memiliki durabilitas yang jangka panjang, yakni hingga 14 hingga 17 tahun. Untuk harga karpet ini sendiri cukup terjangkau, yakni dengan kisaran harga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 rupiah perbuahnya.

Namun, meski cara pemasangannya yang mudah, melepas karpet tile bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Jika karpetnya masih baru, biasanya lem yang tertinggal tidaklah banyak dan hanya perlu dibersikan dengan cara digosok. Namun, apabila sudah lama dan karpet dilem dengan lem khusus yang lebih kuat, melepaskannya akan membutuhkan usaha yang besar pula. Tidak jarang, bekas lem akan menempel pada lantai dan sulit dibersihkan. Dibawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melepaskan karpet tile.

Langkah Melepas Karpet Lantai

1. Cabut Karpet Tile

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut karpet itu sendiri. Hal ini dilakukan dengan menarik dari bagian ujung sudut karpet. Biasanya, karpet tile yang pertama adalah yang paling sulit untuk dicabut. Jika itu terjadi, gunakanlah kape untuk mencongkel ujung karpet agar bisa ditarik. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan agar tangan tidak terluka selagi mencabut karpet tile.

2. Kikis Lantai

Langkah berikutnya setelah karpet tercabut adalah mengikis lem yang tersisa dilantai. Tidak bisa dipungkiri, lamanya lem tersebut terpasang dilantai, akan semakin kuat dia merekat dan semakin sulit pula untuk menghapusnya. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan alat pengikis laintai denga gagang yang panjang. Namun jika Anda tidak memilikinya, gunakan kape untuk mengikis lem-lem yang membandel ini hingga bersih, lalu sapulah lantai dari sisa-sisa lem.

3. Gunakan Cairan Pembersih Lem

Apabila Anda masih menemukan sisa-sisa lem yang masih membandel dan sulit dikikis menggunakan kape, gunakanlah cairan pembersih lem. Pastikan Anda mengenakan sarung tangan, pelindung mata serta masker mengingat bahaya yang bisa disebabkan oleh zat kimia yang terkandung dalam cairan tersebut.

Tuangkan cairan pembersih lem ke area dibutuhkan menggunakan spons. Biarkan selama beberapa saat hingga cairan itu meresap kedalam lem. Apabila lem sudah mulai melunak, ambilah kembali kape dan kikis bagian lem yang telah melunak tadi hingga bersih.

4. Pembersihan

Tahap terakhir yang dilakukan adalah pembersihan. Tuangkan air hangat yang dicampur dengan zat trisodium phosphate kedalam sebuah ember. Lalu gunakan sikat yang telah dicelupkan kedalan ember, untuk menggosok-gosok seluruh lantai. Selanjutnya, gunakan alat penyapu dari karet untuk mengerik lantai yang basah. Kemudian, biarkan lantai mengering (bisa juga menggunakan vakum pengering). Langkah terakhir adalah menghilangkan bekas-bekas pembersihan yang tertinggal dengan mengepel lantai menggunakan air hangat, hingga lantai menjadi bersih.

Demikianlah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencabut karpet tile yang menggunakan lem. Meski melepas karpet tile membutuhkan usaha yang besar, hendaknya hal ini tidak mengurungkan niat untuk menggunakan karpet tile sebagai karpet pilihan mengingat segudang benefit-benefit dari penggunaan karpet jenis ini. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi toko yang menyediakan jasa jual karpet tile dan memilihnya sebagai karpet dirumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *