Tips Mudah Pasang Plafon Akustik di Rumah Sendiri

Situs Harga Furniture, Bahan Bangunan dan Dekorasi Terpercaya

Tips Mudah Pasang Plafon Akustik di Rumah Sendiri

Pasang Plafon Akustik

Anda sudah pasti akrab dengan kompone plafon pada sebuah hunian. Plafon merupakan sebutan lain dari langit-langit pada bangunan. Plafon juga berfungsi sebagai pembatas antara rangka sebuah bangunan dengan rangka pada atap bangunan tersebut. Dalam hal fungsi, plafon memang mengandung banyak kegunaan seperti untuk menahan panas matahari dari atap rumah yang masuk ke dalam ruanganpun adalah salah satu fungsi terbesarnya. Tak hanya saat panas, saat hujan plafon punya peran tersendiri. Plafon dapt meredam suara jatuhnya hujan pada atap atau genteng. Dengan demikian Anda tak perlu merasa terganggu ketenangannya lagi.

Selain fungsi utamanya tersebut, plafon punya fungsi pendukung lain yang tak kalah penting, yaitu sebagai nilai estetika atau keindahan. Siapa sangka, dengan adanya plafon pada sebuah ruangan dapat menambah keindahan konsep ruangan tersebut. Hal ini pulalah yang melatarbelakangi munculnya ragam jenis plafon. Salah satu yang sedang marak digunakan adalah plafon akustik.

Bicara mengenai keunggulan, plafon jenis ini memiliki kelebihan khusus dibanding jenis plafon-plafon lainnya, yaitu dapat meredam kebisingan. Hal ini karena plafon jenis akustik punya ketahanan terhadap batas ambang keseimbangan tersendiri. Selain itu, plafon jenis ini dapat dipasang, baik menggunakan rangka kayu ataupun bahan metal hasil pabrikan. Yang tak boleh dilewatkan, plafon ini tersusun dari bahan yang ringan dan bila terjadi kerusakan akan mudah diperbaiki.

Nah, untuk mencari tempat jual plafon akustik murah ini sangat mudah. Anda dapat mencarinya di manapun bahkan meminta bantuan jasa mereka untuk memasangnya pada ruangan Anda. Tentunya pemasangan ini dilakukan oleh orang yang sudah profesional. Tak lupa, kualitas selalu diutamakan agar pemasangannya pas dan sesuai dengan konsep yang Anda usung. Bila Anda ingin tahu sekilas bagaimana tahap mereka memasangnya, berikut ini akan dijelaskan sekilas mengenai tips pemasangannya.

Tips Pemasangan Plafon Jenis Akustik

Pada umumnya, untuk memasang plafon akustik pada sebuah ruangan dimulai dengan pembuatan rangkanya terlebih dahulu. Entah itu rangka dari kayu atau metal, yang perlu diperhatikan adalah ceiling systemnya. Ceiling system merupakan konstruksi plafon yang dibuat berupa kisi-kisi atau rangka berpetak dan berguna dalam menyangga susunan plafon.

Kemudian, ketika sudah berada di tempat jual plafon akustik murah, jangan lupa untuk membeli komponen tambahannya. Komponen-komponen yang perlu Anda siapkan bisa terdiri dari martil meteran gunting hollow tang, cutter, hollow 2×4 dan 4×4, gergaji, kawat sebagai gantungan kerangka, paku beton, skrup dan papan gypsum, dan bor listrik. Ketika setidaknya perlengkapan ini sudah Anda dapatkan, maka dapat memulai memasang plafon. Tenang saja, perlengapan ini tentunya dapat Anda cari dengan mudah.

Selanjutnya Anda bisa masuk pada tahap pengukuran. Tipsnya gunakan selang timbang untuk pengukuran ruangan ini. Lalu wallangel perlu Anda pasang di sekeliling ruangan tersebut menggunakan paku beton yang sudah dipersiapkan tadi.

Pemasangan dimulai dengan hollow 2×4, lalu 4×4. Dengan demikian hollow dari plafon akustik dapat terpasang rapi dan kokoh.

Bila semuanya sudah terpasang dengan baik, Anda tinggal memasang gantungan kawat pada baja ringan dan mengaturnya sampai flat sesuai ruangan. Yang terakhir adalah pemasangan papan gypsum yang sangat mudah dilakkan bila kerangka hollow sudah siap sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *